1001 Malam



JAKARTA, KOMPAS.com — Dua orang sutradara dan tokoh teater terkemuka, Slamet Rahardjo Djarot (Indonesia) dan Robert Draffin (Australia), menyutradarai Kisah 1001 Malam, yang akan dipentaskan di Teater Luwes Institut Kesenian Jakarta (IKJ), tanggal 29 dan 30 Mei 2009.

Slamet Rahardjo mengatakan, kolaborasi internasional ini merupakan kelanjutan dan penyempurnaan dari International Workshop yang diselenggarakan oleh IKJ, Teater Populer, Indonesia dan Teater Liminal, Melbourne, Australia, pada Juli sampai November 2007. Pementasan teater yang dipadu dengan koreografi tari, komposisi musik, skenografi, dan gabungan seni lain, digelar dalam rangka Dies Natalis IKJ ke-40, yang jatuh pada tanggal 26 Juni 2010, ujarnya, Rabu (27/5) di Jakarta.

Rektor IKJ Wagiono Sunarto mengatakan, kolaborasi antardua negara ini tetap menampilkan sebuah benang merah akulturasi budaya yang apik. Hal ini menjadi sebuah pengalaman yang memperlihatkan bahwa seniman harus membuka diri untuk dunia yang lebih plural, dengan semangat interdisipliner dan multikultural, tambahnya.